Era Cloud Computing pada Universitas

Di era yang kian berkembang pesat , terutama dalam sektor industri dan teknologi , membuat sebuah terobosan dan inovasi baru setiap musim nya .

Jarak yang jauh bukanlah penghalang lagi , internet telah membuat dampak perubahan yang amat besar dalam perkembangan zaman .

Dengan canggih nya teknologi dan infrastruktur modern seperti Remote Conference , Cloud Computing , Simulasi VR mendorong perubahan pada beberapa sektor menjadi lebih baik , contohnya Sektor Pendidikan .

Metaverse(@Pixabay)

Analisa Cloud Computing

Cloud Computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna.

Cloud Computing sendiri itu adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama.

Dapatkah Teknologi Cloud Computing berlaku pada Universitas ?

@Machakos University

Pada dasarnya Cloud Computing adalah fleksibel , ia terintegrasi pada sebuah server yang dapat diakses melalui berbagai device , hanya saja perbedaannya ada pada sebuah platform

Cara kerjanya sama seperti remote . Namun Teknologi Cloud Computing ini memiliki daya resource yang lebih efektif dan efisien untuk pembelajaran pada mahasiswa untuk kedepannya .

Contohnya , Riset Eksperimen Machine learning yang membutuhkan sistem klasifikasi yang cukup memakan high resource computing untuk individual , atau sebagai sebuah server yang mengatur segala kegiatan Universitas pada sistem dengan data yang beroperasi secara sentral .

Cloud computing juga memecahkan berbagai masalah dalam setup dan layanan ekstra .

Dan berbagai peran penting dalam perguruan tinggi

Apa saja manfaat long-terms yang akan kita dapatkan ?

Manfaat jangka panjang yang akan kita dapatkan adalah dengan adanya teknologi yang selalu terbaharui kita lebih dapat mengikuti arus perkembangan zaman dan ikut berkontribusi pada perubahan dunia daripada harus reinvent wheel dalam teknologi .

Selain itu kita dapat meningkatkan citra baik dan penghargaan pada SDM dengan tetap mengikuti perkembangan secara teraktual .

Kesimpulan

Sebuah sarana dan pra-sarana itu penting dalam membangun Riset Teknologi Informasi .

Dengan adanya sarana dan pra-sarana yang memadai , kita jadi dapat selangkah lebih maju dalam perkembangan , seperti membuat Artificial Intelligence contohnya atau Klasifikasi dalam machine learning .

Pada saat ini sebuah Perusahaan baik startup maupun enterprise benar-benar mendukung penuh untuk saling bantu membantu dalam teknologi informasi seperti Microsoft dengan GitHub nya , Google dengan Peramban dan device yang terus berkembang pesat , Facebook dengan Metaverse dan Researchnya , OpenAI dari Elon Musk dengan Artificial Intelligence nya , Apple , Amazon dan sebagai nya membuat sebuah terobosan pada setiap musim nya .

Di samping akses yang semakin mudah , tidak kah kita ingin ikut berkontribusi pada perubahan dunia sementara portal edukasi dan teknologi telah dibuka sedemikian luas ?

--

--

--

Trying mybest to self-love , learn and share through resonance of technologies.

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Rizki F

Rizki F

Trying mybest to self-love , learn and share through resonance of technologies.

More from Medium

What Does the Metaverse Mean for the Future of Digital Engagement?

How Smart AG and the IoT Are Improving Farming | Soracom

Vulnhub: DC-9 Walkthrough

A Deep Dive into DAOs: How DAOs Are Changing Everything